Cara Menjinakkan Anjing

Daniel.H.H

Begini Cara Menjinakkan Anjing Galak Bagi Pemula





Walaupun hanya seekor hewan, anjing juga dapat diajak berkomunikasi dan mengerti dengan hal-hal yang dibicarakan majikannya. Tapi ada kalanya seekor anjing bisa bersikap agresif, bahkan galak jika Anda sebagai majikan tidak melatihnya dengan benar dan naik. 

Berikut 08 cara menjinakan anjing galak yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

  1. Buatlah Anjing dalam Posisi Terikat 

Langkah pertama adalah mengikat anjing Anda, lalu letakan kaitkan ke tiang. Pastikan jika tumpuan yang Anda gunakan kuat, karena pada saat anjing tidak merasa nyaman di lingkungan tersebut atau saat anjing merasa terancam, ini bisa membuat seekor anjing bersikap agresif. Bahkan anjing akan terus menerus menggongong terus serta menyerang orang yang bagi mereka terlihat sebagai ancaman. Ikat kemudian biarkanlah anjing Anda sampai bisa kembali menurunkan tingkat emosinya.

  1. Beri Makan dan Minum

Proses penjinakan selanjutnya bisa Anda lakukan pada saat anjing telah merasa kelelahan. Pada saat mereka merasa kelelahan, emosi  anjing akan menurun, namun bukan berarti anjing Anda telah membuka ruang sehingga Anda bisa dekat dengan mereka. Anda bisa memberikannya minuman terlebih dahulu, berilah minuman dengan takaran yang normal buat sekali minum.

Hal harus dilakukan sehingga intensitas Anda bertemu dengan anjing peliharaan Anda lebih sering. Sehingga mereka akan mulai terbiasa dengan keberadaan serta kehadiran anda. Selanjutnya memberi mereka makanan yang juga cukup untuk satu kali saja, ini untuk mengantisipasi anjing tidak menjadi sakit karena makan terlalu banyak.

  1. Lepas Ikatan dan Biarkan Anjing Berkeliaran di Rumah

Salah satu cara dari 10 cara menjinakan anjing galak adalah dengan melepaskan ikatannya dari tiang. Tentunya dengan posisi ikatan leher yang masih terpasang. Anda boleh memberikan kebebasan pada peliharaan Anda, agar mampu beradaptasi dengan lingkungan baru di rumah Anda. Anda juga bisa duduk sambil memantau gerak gerik anjing.

  1. Bangun Komunikasi

Setelah anjing Anda mengenal keadaan serta lingkungan di rumah serta sudah merasa nyaman. Anda bisa mulai untuk sesekali memanggil nama anjing Anda. Lakukan terus sampai anjing menjadi terbiasa serta segera menghampiri Anda jika dipanggil. Ketika anjing mulai mendekati, biarkanlah anjing mengendus Anda. Jangan sampai melakukan gerakan mengagetkan, selanjutnya mulailah dengan perlahan untuk mengusap kepala serta leher anjing Anda. Hal ini akan membangun komunikasi diantara Anda.

  1. Ajak Berjalan – jalan

Anjing memiliki energi yang cukup besar, untuk menyalurkan energinya anda bisa mengajak bermain atau berjalan – jalan. Karena kondisi anjing yang belum sepenuhnya percaya dengan anda, lebih baik berjalan – jalan bersama, untuk membangun kepercayaan hewan peliharaan jika anda tidak akan menyakitinya dan bersikap menjadi seorang pemimpin.

Jangan biarkan anjing berjalan di depan Anda, tetapi di samping Anda. Usahakan untuk sering berkomunikasi untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang lebih baik.

  1. Memegang Anjing Sebelum Memberi Makan

Dengan memberikan sentuhan kepada hewan peliharaan Anda akan membuat hewan peliharaan Anda menjadi lebih merasa disayang serta diperhatikan. Tapi jangan salah, karena ada beberapa sentuhan – sentuhan yang justru membuat anjing peliharaan kaliam merasa terancam.

Dengan memegang maupun menyentuh bagian dari tubuh anjing sebelum Anda memberim makan juga bisa membantu untuk menjinakkan anjing Anda yang sebelumnya galak.

  1. Memandikan Anjing

Cara lainnya agar membuat anjing menjadi jinak yaitu dengan cara memandikan anjing peliharaan Anda. Memandikan anjing bisa Anda lakukan dengan menggunakan shampo khusus anjing. Pertama jangan lupa untuk membasahi badan anjing dengan air hangat terlebih dahulu.

  1. Berguru Pada Ahlinya

Jika Anda sudah melakukan berbagai macam cara. Tapi tidak ada yang berhasil untuk menjinakkan anjing peliharaan Anda yang galak. Ada baiknya jika Anda berguru secara langsung kepada ahlinya atau orang yang sudah terbiasa menangani anjing yang galak.


Jadikanlah anjing peliharaanmu sebagai teman bermainmu di rumah, dan rawatlah peliharaanmu dengan kasih sayang dan tanpa beban. ajarlah peliharaanmu dengan baik, sebagaimananya peliharaan yang pintar, bijak, dan sangat penurut.


Demikian penjelasan saya mengenai Menjinakkan Anjing, terimakasih telah berkunjung! ^_^

Komentar